Home Traveling Pandemi Menggeser Minat Masyarakat Dari “Specialty” ke “Commercial Grade” Kopi – BALIPOST.com

Pandemi Menggeser Minat Masyarakat Dari “Specialty” ke “Commercial Grade” Kopi – BALIPOST.com

6
0
SHARE


KOPI – Seorang petani tengah merawat tanaman kopinya di Kiadan, Petang, Badung. Produk kopi di Badung Utara mulai banyak diminati masyarakat dan wisatawan, bahkan bijih kopi di wilayah Petang ini telah dieksport ke beberapa negara. (foto/eka adhiyasa)

DENPASAR, BALIOST.com – Pandemi Covid-19 bukan tidak mungkin mengubah minat masyarakat minum kopi dari specialty ke commercial grade kopi. Karena daya beli masyarakat yang menurun yang otomatis membuat produsen dan distributor mengurangi penyerapan komoditi kopi. Lambat laun kondisi ini pun akan merugikan petani. Demikian diungkapkan Komang Sukarsana, petani kopi asal Kintamani, Jumat (22/5).

Kopi yang diproduksi di Bali tidak hanya menjadi kopi specialty yang diserap oleh kedai kopi, hotel, restaurant dan ekspor. Tapi kopi hasil produksi di Bali juga diserap oleh industri kopi besar yang membuat kopi instan.

Kopi yang diserap oleh industri tersebut merupakan commercial grade kopi yang memiliki kualitas lebih rendah dari kopi specialty. Dari sisi harga pun 1:2 untuk kopi robusta dan 1:3 untuk jenis aeabica.

Sementara petani yang mengolah specialty kopi, harganya bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan mengolah kopi commercial…



Selengkapnya: http://www.balipost.com/news/2020/05/22/124398/Pandemi-Menggeser-Minat-Masyarakat-Dari…html

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Pandemi Menggeser Minat Masyarakat Dari “Specialty” ke “Commercial Grade” Kopi – BALIPOST.com”

Sumber: http://www.balipost.com/news/2020/05/22/124398/Pandemi-Menggeser-Minat-Masyarakat-Dari…html

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling