Home Traveling Kontroversi OYO dan RedDoorz, Dicari Backpacker tetapi Tak Bayar Pajak – Kompas.com...

Kontroversi OYO dan RedDoorz, Dicari Backpacker tetapi Tak Bayar Pajak – Kompas.com – KOMPAS.com

35
0
SHARE


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata atau Kemenpar berencana menertibkan aplikator penginapan berbiaya terjangkau yang belakangan semakin marak di sejumlah daerah, khususnya di kawasan pariwisata yang jadi kantong turis.

Diberitakan harian Kompas, 17 Januari 2020, Kemenpar akan menertibkan bisnis operator hotel berbasis daring, seperti OYO dan RedDoorz.

Dua perusahaan itu dinilai mencampuradukkan usaha akomodasi dengan indekos sehingga mengganggu iklim industri perhotelan.

Operator penginapan dan hunian sewa itu menerapkan model bisnis ekonomi berbagi. Namun, aturan yang mendasari bisnis itu belum ada.

Akibatnya, bisnis indekos dimanfaatkan untuk penginapan atau akomodasi. Padahal, usaha akomodasi wajib memiliki perizinan akomodasi dan tanda daftar usaha pariwisata, serta membayar pajak.

”Jangan sampai mereka klaim kos-kosan itu (bisa) menjadi usaha akomodasi. Mereka harus mengambil keputusan, ganti nama dan pasar dalam jaringan untuk bisnis kos-kosan,” kata Asisten Deputi Investasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Hengky Manurung di Jakarta, Kamis (16/1/2020) lalu.

Baca juga: Bisnis Penginapan ala OYO dan Red Doorz Rugikan Negara, Apa…



Selengkapnya: https://money.kompas.com/read/2020/01/20/163500026/kontroversi-oyo-dan-reddoorz-dicari-backpacker-tetapi-tak-bayar-pajak?page=all

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kontroversi OYO dan RedDoorz, Dicari Backpacker tetapi Tak Bayar Pajak – Kompas.com – KOMPAS.com”

Sumber: https://money.kompas.com/read/2020/01/20/163500026/kontroversi-oyo-dan-reddoorz-dicari-backpacker-tetapi-tak-bayar-pajak?page=all

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling


Advertisement
loading...