Home Traveling Gara-gara Pendanaan Asing, Penyaluran Kredit 2019 Melambat – tirto.id

Gara-gara Pendanaan Asing, Penyaluran Kredit 2019 Melambat – tirto.id

33
0
SHARE


Korporasi lebih memilih pendanaan luar negeri karena biaya pinjamannya lebih rendah.

tirto.id – Pertumbuhan penyaluran kredit perbankan pada tahun 2019 melambat menjadi 6,08 persen. Angka itu berarti hampir setengah dari pertumbuhan kredit tahun 2018 yang menyentuh 11,7 persen.

“Kami menyampaikan perbankan ini ternyata pertumbuhan kredit domestik hanya 6,08 persen ini jauh di bawah tahun lalu yang 11,7 persen,” ucap Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Kamis (16/1/2020).

Wimboh beralasan anjloknya penyaluran kredit ini disebabkan karena korporasi lebih banyak memilih pendanaan dari luar negeri atau offshore. Ia mengatakan pembiayaan dari luar negeri naik tajam dilihat dengan pertumbuhannya mencapai 133,6 persen dari tahun sebelumnya. Nilai selama tahun 2019 menyentuh Rp130,4 triliun.

Ia menjelaskan, pendanaan asing menjadi pilihan karena biaya pinjaman atau bunganya lebih murah dari dalam negeri. Kendati demikian, Wimboh menilai hal ini tidak terlalu masalah karena sumber pembiayaan artinya terbuka alternatif di luar domestik.

“Kalau korporasi menggunakan…



Selengkapnya: https://tirto.id/gara-gara-pendanaan-asing-penyaluran-kredit-2019-melambat-es2D

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Gara-gara Pendanaan Asing, Penyaluran Kredit 2019 Melambat – tirto.id”

Sumber: https://tirto.id/gara-gara-pendanaan-asing-penyaluran-kredit-2019-melambat-es2D

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling


Advertisement
loading...