Home Terkini Bacaan Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Ketentuan Jumlah Beras atau Uang yang...

Bacaan Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Ketentuan Jumlah Beras atau Uang yang Harus Dibayarkan

19
0
SHARE

TRIBUNNEWS.COM – Simak ketentuan jumlah beras atau uang yang dibayarkan untuk zakat fitrah disertai dengan bacaan niat membayar zakat fitrah.

Berdasarkan tuntunan zakat fitrah yang dikeluarkan Majelis Tarjid dan Tajdid Muhammadiyah di laman tarjih.or.od, zakat fitrah berfungsi untuk mensucikan jiwa orang yang berpuasa dan untuk dinikmati orang yang berhak menerima zakat.

Zakat fitrah wajib bagi setiap muslim yang berkecukupan rizki baik, laki-laki maupun perempuan, dewasa mapun anak-anak termasuk bayi yang lahir sebelum matahari tenggelam di hari terakhir Ramadhan.

Bagi anak-anak, zakat fitrahnya ditanggung oleh orang tuanya.

Adapun untuk waktu pembyarannya, zakat fitrah dibayarkan paling lambat sebelum berangkat melaksanakah shalat Idul Fitri.

Zakat fitrah yang dibayarkan berupa makanan pokok dengan kadar 1 sha’ atau kurang lebih 2,5 kg.

Jika dibayarkan dengan uang, maka pembayarannya seharga dengan kadar makanan pokok tersebut.

Baca: Bacaan Niat Shalat Idul Fitri 1441 H…



Selengkapnya: https://www.tribunnews.com/ramadan/2020/05/19/bacaan-niat-zakat-fitrah-lengkap-dengan-ketentuan-jumlah-beras-atau-uang-yang-harus-dibayarkan

Artikel ini dari feed tribunnews.com dengan judul “Bacaan Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Ketentuan Jumlah Beras atau Uang yang Harus Dibayarkan”

Sumber: https://www.tribunnews.com/ramadan/2020/05/19/bacaan-niat-zakat-fitrah-lengkap-dengan-ketentuan-jumlah-beras-atau-uang-yang-harus-dibayarkan