Home Terkini Pakar IPB Dorong Kolaborasi Ekonomi Lokal dan Cegah Alih Fungsi Lahan

Pakar IPB Dorong Kolaborasi Ekonomi Lokal dan Cegah Alih Fungsi Lahan

43
0
SHARE

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Salah satu tantangan menjaga lahan pangan berkelanjutan adalah fakta bahwa ada nilai pada tiap sebidang tanah. Hal itu disampaikan Lala M. Kolopaking, Pakar Studi Pembangunan Institut Pertanian Bogor, (17/1) di Gedung Pusat Informasi Agribisnis Kementerian Pertanian.

“Katakanlah kalau tanah itu berada di kota, kemudian produksi pertanian-nya tidak memiliki nilai bisnis, untuk membayar pajak lahan saja tidak cukup, sementara NJOP setiap tahun naik, maka meskipun ada peraturan larangan mengalihfungsikan, petani terpaksa menjual karena mereka tidak mampu hidup dari situ,” kata Lala.

Oleh karenanya, ketegasan Pemerintah Daerah menurut Lala M. Kolopaking yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Program Studi Pascasarjana Sosiologi Pedesaan IPB sangat dinantikan sebagai bentuk keberpihakan dan dukungan terhadap konservasi lahan dengan cara melibatkan petani dengan bisnisnya agar menjaga nilai ekonomi lahan-nya cukup.

Akademisi yang pernah menjabat…



Selengkapnya: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/18/pakar-ipb-dorong-kolaborasi-ekonomi-lokal-dan-cegah-alih-fungsi-lahan

Artikel ini dari feed tribunnews.com dengan judul “Pakar IPB Dorong Kolaborasi Ekonomi Lokal dan Cegah Alih Fungsi Lahan”

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/18/pakar-ipb-dorong-kolaborasi-ekonomi-lokal-dan-cegah-alih-fungsi-lahan

Advertisement
loading...