Home Terkini Tonton “Apa Itu Ekoriparian? Peran Ekoriparian Untuk Antisipasi Banjir dan Longsor” di...

Tonton “Apa Itu Ekoriparian? Peran Ekoriparian Untuk Antisipasi Banjir dan Longsor” di YouTube

33
0
SHARE


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mensosialisasikan pentingnya pengendalian bencana banjir dan longsor dengan konsep ekoriparian, Rabu (15/1/2020).

Direktur Pengendalian Pencemaran Air LHK, Luckmi Purwandari mengatakan satu diantara terjadinya banjir adalah akibat debit puncak lebih besar dari debit aliran sungai atau tampungan sungai.

“Untuk atasi banjir, solusinya, maka perlu diperkecil debit puncaknya. Debit puncak itu dipengaruhi intensitas hujan, koefisien run off dan luas wilayah. Sedangkan debit aliran sungai dipengaruhi oleh kecepatan aliran sungai dan luas penampang basah sungai,” ujarnya di kantor LHK.

Ekoriparian merupakan suatu konsep untuk mengembalikan fungsi sungai seperti alaminya, yaitu mengalirkan air sungai secara terus menerus.

Disamping itu, ekoriparian juga berfungsi untuk menurunkan beban pencemaran yang masuk ke sungai, sehingga kualitas air sungai…



Selengkapnya: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/17/tonton-apa-itu-ekoriparian-peran-ekoriparian-untuk-antisipasi-banjir-dan-longsor-di-youtube

Artikel ini dari feed tribunnews.com dengan judul “Tonton “Apa Itu Ekoriparian? Peran Ekoriparian Untuk Antisipasi Banjir dan Longsor” di YouTube”

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/17/tonton-apa-itu-ekoriparian-peran-ekoriparian-untuk-antisipasi-banjir-dan-longsor-di-youtube

Advertisement
loading...