Home Terkini Digelari Pahlawan Nasional, Ini Kiprah Nyata Abdul Kahar Muzakir di Dunia Pendidikan

Digelari Pahlawan Nasional, Ini Kiprah Nyata Abdul Kahar Muzakir di Dunia Pendidikan

12
0
SHARE

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyematkan gelar pahlawan nasional pada sejumlah tokoh di Istana negara, pada Jumat (8/11/2019).

Satu di antaranya adalah Abdul Kahar Muzakir, rektor pertama Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang juga tokoh Muhammdiyah.

Baca: Anggap Mahasiswa Tak Masalahkan UU KPK Hasil Revisi, Ruhut Sitompul: Semua Baik Duduk di Boncengan

Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sudarnoto Azeth menceritakan kiprah nyata seorang Abdul Kahar Muzakir di dunia pendidikan Indonesia.

Abdul Kahar Muzakir merupakan sarjana hukum yang menamatkan sekolahnya di Mesir.

Setibanya di tanah air atau di tahun 1940-an, ia mendirikan sekolah tinggi islam yang menjadi cikal bakal UII Yogjakarta.

“Perlu dicatat dengan berdirinya UII maka berkembanglah perguruan tinggi Islam lain di Indonesia,” kata Sudarnoto saat dihubungi, Jumat (8/11/2019).

Dari UII ini, kemudian Indonesia memiliki banyak…



Selengkapnya: https://www.tribunnews.com/nasional/2019/11/08/digelari-pahlawan-nasional-ini-kiprah-nyata-abdul-kahar-muzakir-di-dunia-pendidikan

Artikel ini dari feed tribunnews.com dengan judul “Digelari Pahlawan Nasional, Ini Kiprah Nyata Abdul Kahar Muzakir di Dunia Pendidikan”

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2019/11/08/digelari-pahlawan-nasional-ini-kiprah-nyata-abdul-kahar-muzakir-di-dunia-pendidikan