Home Terkini Pakar Tsunami Sebut Pantai Cilacap sampai Jawa Timur Terancam Kena Tsunami 20...

Pakar Tsunami Sebut Pantai Cilacap sampai Jawa Timur Terancam Kena Tsunami 20 Meter | STORY – BizlawID

11
0
SHARE


Sepanjang pantai Cilacap, Yogyakarta sampai Jawa Timur berpotensi disapu tsunami setinggi 20 meter jika prediksi gempa 8,8 SR benar terjadi. Tsunami akan menyapi sejauh 4 km dari bibir pantai.

Itu berdasarkan permodelan Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa berpotensi disapu tsunami dahsyat setinggi 20 m.

Permodelan Widjo Kongko itu menyatakan selatan pesisir Pulau Jawa berpotensi diguncang gempa bumi 8,8 skala richter. Sebab ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa.

Segmen-segmen megathrust itu membentang di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda. Gelombang tsunami akan tiba dalam waktu sekitar 30 menit usai terjadi gempa besar.

Daerah yang berpotensi terkena dampak gelombang tsunami jika terjadi gempa megathrust di selatan Jawa khususnya di selatan DIY cukup panjang yaitu dari Cilacap hingga ke Jawa Timur.

Berdasarkan…



Selengkapnya: https://m.bizlaw.id/read/9414/Pakar-Tsunami-Sebut-Pantai-Cilacap-sampai-Jawa-Timur-Terancam-Kena-Tsunami-20-Meter

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Pakar Tsunami Sebut Pantai Cilacap sampai Jawa Timur Terancam Kena Tsunami 20 Meter | STORY – BizlawID”

Sumber: https://m.bizlaw.id/read/9414/Pakar-Tsunami-Sebut-Pantai-Cilacap-sampai-Jawa-Timur-Terancam-Kena-Tsunami-20-Meter