Home Terkini Jangan Asal, Antibiotik juga Bikin Alergi yang Mengancam Nyawa – Gaya Tempo.co

Jangan Asal, Antibiotik juga Bikin Alergi yang Mengancam Nyawa – Gaya Tempo.co

57
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Obat-obatan, apalagi antibiotik, sebenarnya penyelamat saat Anda mengalami sakit yang disebabkan infeksi. Tapi, penyelamat ini bisa jadi masalah baru jika dikonsumsi sembarangan. Sebab, antibiotik bisa menimbulkan alergi, yang paling parah disebut dengan sindrom Stevens-Johnson atau SJS.

Penyakit ini tergolong serius karena dapat membuat kulit penderita melepuh dan mengelupas seperti korban luka bakar. Selain antibiotik, beberapa jenis obat lain bisa menimbulkan reaksi yang sama, antara lain antibakteri jenis sulfa, obat-obatan untuk mengatasi kejang atau epilepsi, pereda rasa sakit jenis obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), dan obat untuk mengatasi infeksi HIV.

Alergi antibiotik umumnya akan menimbulkan gejala seperti ruam-ruam dan bengkak di wajah. Namun sindrom Stevens-Johnson berbeda, berawal dengan batuk, sakit tenggorokan dan pegal-pegal, yang mirip seperti gejala flu biasa.

Beberapa hari kemudian, gejala lain akan muncul. Mulai dari ruam-ruam…



Selengkapnya: https://gaya.tempo.co/read/1224968/jangan-asal-antibiotik-juga-bikin-alergi-yang-mengancam-nyawa

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Jangan Asal, Antibiotik juga Bikin Alergi yang Mengancam Nyawa – Gaya Tempo.co”

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1224968/jangan-asal-antibiotik-juga-bikin-alergi-yang-mengancam-nyawa