Home Terkini Kemenkes Duga Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan – CNN...

Kemenkes Duga Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan – CNN Indonesia

41
0
SHARE


Jakarta, CNN Indonesia — Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menduga air minum tercemar jadi sumber penularan penyakit hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lebih dari 900 orang terjangkit hepatitis A sehingga membuat Pemerintah Kabupaten Pacitan menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

“Sementara media [penularan virus] yang digunakan berupa air diduga, menggunakan air yang tidak dimasak, tetapi perlu dilakukan analisis epidemiologi lebih lanjut,” kata Anung melalui keterangan tertulisnya yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (2/7).

Menurutnya, dugaan sementara penularan virus itu adalah sumber air yang masih digunakan masyarakat berasal dari Sungai Sukorejo. Sementara ini, katanya, sungai tersebut tercemar limbah.

“Ada banyak limbah rumah tangga yang mengalir ke sungai. Air sungai tersebut didistribusikan melalui mobil tangki untuk di jual ke masyarakat sebagai sumber air bersih,” ujarnya….



Selengkapnya: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190702123634-20-408262/kemenkes-duga-air-jadi-media-penularan-hepatitis-a-di-pacitan

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kemenkes Duga Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan – CNN Indonesia”

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190702123634-20-408262/kemenkes-duga-air-jadi-media-penularan-hepatitis-a-di-pacitan