Home Hiburan Ajaib, Salju di Antartika Berubah Jadi Hijau – Detikcom

Ajaib, Salju di Antartika Berubah Jadi Hijau – Detikcom

8
0
SHARE


Jakarta

Para ilmuwan melaporkan sebagian wilayah Antartika berwarna hijau. Fenomena tak biasa ini sedang dalam penelitian para ahli.

Rupanya, menghijaunya sebagian wilayah di semenanjung Antartika tersebut disebabkan oleh spesies ganggang yang sedang bermekaran. Penampakan salju hijau ini terjadi akibat meningkatnya suhu global sebagai dampak perubahan iklim.

“Bercak ‘ganggang salju’ ini telah ada selama beberapa dekade di Kutub Utara. Tetapi kita tahu, dulu masih sedikit distribusinya di Antartika. Saat ini kami benar-benar melakukan survei berskala besar tumbuhnya ganggang salju di Antartika,” kata Andrew Gray dari University of Cambridge.

Dikutip dari New Scientist, dalam penelitian ini Gray dan timnya menggunakan citra satelit untuk mengidentifikasi area hijau di permukaan yang tertutup salju di semenanjung Antartika, bagian benua yang paling cepat menghangatkan, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Mereka juga mengunjungi dua pulau untuk mengonfirmasi keandalan data satelit tersebut. Para peneliti menemukan bahwa secara total, ada 1.679 ganggang salju yang sedang mekar.

Ganggang ini menutupi area hingga 1,9 kilometer persegi pada puncak musim panas saat musim mekar…



Selengkapnya: https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiVGh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vc2NpZW5jZS9kLTUwMjU0MTkvYWphaWItc2FsanUtZGktYW50YXJ0aWthLWJlcnViYWgtamFkaS1oaWphddIBAA?oc=5

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Ajaib, Salju di Antartika Berubah Jadi Hijau – Detikcom”

Sumber: https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiVGh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vc2NpZW5jZS9kLTUwMjU0MTkvYWphaWItc2FsanUtZGktYW50YXJ0aWthLWJlcnViYWgtamFkaS1oaWphddIBAA?oc=5