Home Hiburan Arkeolog Temukan 14 Kerangka Mammoth di Dalam Perangkap Buatan Manusia – Kompas.com...

Arkeolog Temukan 14 Kerangka Mammoth di Dalam Perangkap Buatan Manusia – Kompas.com – Sains Kompas.com

2
0
SHARE


KOMPAS.com – Para arkeolog di Meksiko menemukan 14 kerangka mammoth atau gajah purba berbulu di dalam lubang perangkap buatan manusia. Diperkirakan usia mammoth dan perangkap purba ini berusia sekitar 15.000 tahun.

Menurut Institut Nasional Antropologi dan Sejarah (INAH), perangkap mammoth bikinan manusia purba ini berada di kota Tultepec, Estado de Mexico.

Dilansir CNN, Jumat (8/11/2019), Tultepec adalah museum alami yang menampung banyak kerangka mammoth, dan sudah ditemukan sejak 2016.

Lubang perangkap itu ditemukan ketika sejumlah pekerja menggali daerah itu untuk membangun tempat pembuangan sampah.

Baca juga: Mammoth Terakhir di Muka Bumi Mati di Pulau Terpencil

Nah, penemuan terbaru ini memperbesar koleksi mammoth di dalamnya.

“Daerah ini melewati aliran sungai. Bisa kita bayankan, bagaimana tantangan yang dihadapi pemburu purba untuk berinteraksi dengan herbivora raksasa ini (mammoth),” ujar Pedro Francisco S├ínchez Nava, koordinator arkeologi nasional di INAH.

Dalam waktu 10 bulan, Pedro dan timnya menggali lubang yang dalamnya 1,7 meter dan berdiameter 25 meter. Hasil kerja keras mereka sejauh ini menemukan 824 tulang belulang.

Para arkeolog…



Selengkapnya: https://sains.kompas.com/read/2019/11/10/123100723/arkeolog-temukan-14-kerangka-mammoth-di-dalam-perangkap-buatan-manusia?page=all

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Arkeolog Temukan 14 Kerangka Mammoth di Dalam Perangkap Buatan Manusia – Kompas.com – Sains Kompas.com”

Sumber: https://sains.kompas.com/read/2019/11/10/123100723/arkeolog-temukan-14-kerangka-mammoth-di-dalam-perangkap-buatan-manusia?page=all