Home Hiburan Maulid Nabi Muhammad dan Toleransi – Kompas.com – Nasional Kompas.com

Maulid Nabi Muhammad dan Toleransi – Kompas.com – Nasional Kompas.com

3
0
SHARE


MUHAMMAD lahir pada 570 M atau bertepatan dengan 12 Rabiul Awal di Mekkah, Arab Saudi. Ia lahir dari keluarga saudagar dan tergolong dalam suku cukup elite Arab, Quraisy.

Hanya saja ia cepat menjadi yatim, karena ditinggal ayahandanya sejak kecil. Ibundanya pun meninggal dunia sebelum ia beranjak dewasa.

Sejak usia 20an tahun ia sangat terkenal sebagai pemuda yang jujur nan religius, sehingga ia diberi gelar al-Amin, orang yang dapat dipercaya.

Tingkat religiusitasnya ditunjukkan dengan cara sering merenung dan merefleksikan situasi dan kondisi sosial masyarakat Arab di dalam gua Hira’, hingga akhirnya ia didatangi malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu pertama di usia 40 tahun.

Sejak itulah ia lantas menjadi seorang utusan Tuhan, Rasul, yang bertugas mengingatkan sesama manusia mengenai datangnya Hari Penghakiman (hari Kiamat).

Sebagai seorang Rasul, ia memiliki tugas suci kepada masyarakat di mana ia tinggal. Ia berusaha menyampaikan wahyu yang ia terima kepada orang-orang di sekitarnya, terutama keluarga intinya.

Selama dua tahun menjadi juru dakwah di Mekkah, Arab, tidak cukup banyak masyarakat kala itu yang mau menerima risalah darinya, kecuali…



Selengkapnya: https://nasional.kompas.com/read/2019/11/10/07370451/maulid-nabi-muhammad-dan-toleransi?page=all

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Maulid Nabi Muhammad dan Toleransi – Kompas.com – Nasional Kompas.com”

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2019/11/10/07370451/maulid-nabi-muhammad-dan-toleransi?page=all