Home Hiburan Di Jepang, Wanita Tak Boleh Pakai Kacamata Saat Kerja – Kompas.com –...

Di Jepang, Wanita Tak Boleh Pakai Kacamata Saat Kerja – Kompas.com – KOMPAS.com

7
0
SHARE


TOKYO, KOMPAS.com – Para wanita Jepang tengah memprotes kebijakan seksis yang diterapkan beberapa perusahaan. Beberapa wanita mengaku tak boleh memakai kacamata saat kerja.

Dilansir dari Japan Times, kebijakan ini menuai protes khususnya di Twitter, setelah Nippon TV menayangkan cerita tentang perusahaan-perusahaan yang mengharuskan karyawan wanitanya mengenakan lensa kontak.

Seorang pengguna Twitter mengaku mendapat perlakuan serupa. Wanita itu diberi tahu oleh mantan atasannya bahwa kacamata tidak menarik bagi pelanggannya.

Wanita lain mengaku ia menderita karena dipaksa mengenakan lensa kontak kendati sedang menderita infeksi mata.

Baca juga: Media dan Perdebatan Seksis yang Bias Gender

“Penakanan pada penampilan terjadi di wanita muda. Wanita muda dituntut untuk terlihat feminin,” kata Banri Yanagi (40), seorang sales asuransi di Tokyo dalam sebuah wawancara.

“Aneh ketika laki-laki dibolehkan memakai kacamata sedangkan wanita tidak,” lanjut dia.

Kebijakan seksis ini bukan yang pertama yang dihadapi wanita Jepang. Maret lalu, para wanita berunjuk rasa untuk melawan kewajiban merias wajah saat kerja.

Awal tahun ini, artis peran dan penulis Yumi…



Selengkapnya: https://internasional.kompas.com/read/2019/11/09/20244151/di-jepang-wanita-tak-boleh-pakai-kacamata-saat-kerja

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Di Jepang, Wanita Tak Boleh Pakai Kacamata Saat Kerja – Kompas.com – KOMPAS.com”

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2019/11/09/20244151/di-jepang-wanita-tak-boleh-pakai-kacamata-saat-kerja