Home Hiburan Pemeluk Sikh India Memulai Ziarah Bersejarah ke Pakistan – CNN Indonesia

Pemeluk Sikh India Memulai Ziarah Bersejarah ke Pakistan – CNN Indonesia

3
0
SHARE


Jakarta, CNN Indonesia — Ratusan pemeluk Sikh India akan melakukan ziarah bersejarah ke salah satu situs tersuci agama mereka di Pakistan pada Sabtu (9/11).

Kuil untuk Guru Nanak, pendiri Sikhisme, terletak di Kartarpur, kota kecil di samping Sungai Ravi di provinsi Punjab tengah, yang diyakini sebagai tempat sang guru wafat.

Bagi 30 juta pemeluk Sikh di seluruh dunia, tempat ini merupakan salah satu tempat yang mereka sakralkan.

Saat Pakistan terpisah dari India yang mendapat kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947, Kartarpur berada di sisi timur perbatasan antar dua negara.

Bagi mereka, jarak lokasi suci ini sangat dekat – hanya empat kilometer dari Pakistan. Begitu juga bagi pemeluk Sikh yang bermukim di India.

Tetapi perseteruan antara India dan Pakistan yang telah berlangsung selama puluhan tahun, membuat ziarah menjadi kegiatan yang “menegangkan”.

Penerapan bebas visa diumumkan beberapa hari sebelum ulang tahun ke-550 Guru Nanak pada 12 November, yang ditandai dengan perayaan oleh jutaan Sikh di seluruh dunia.

“Tanah ini suci bagi mereka,” kata Habib Khan (63), pemimpin Sikhisme 63 tahun di sebuah masjid kecil di luar perbatasan, seperti yang dikutip dari…



Selengkapnya: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20191109075602-113-446834/pemeluk-sikh-india-memulai-ziarah-bersejarah-ke-pakistan

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Pemeluk Sikh India Memulai Ziarah Bersejarah ke Pakistan – CNN Indonesia”

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20191109075602-113-446834/pemeluk-sikh-india-memulai-ziarah-bersejarah-ke-pakistan