Home Hiburan PBB Terpecah Soal Perlakuan China Terhadap Muslim Uighurs – SINDOnews.com

PBB Terpecah Soal Perlakuan China Terhadap Muslim Uighurs – SINDOnews.com

17
0
SHARE


loading…

NEW YORK – Dua kelompok negara anggota PBB mengeluarkan pernyataan berbeda atas perlakuan China terhadap minoritas Muslim Uighurs di Xinjiang. Situasi ini menyoroti perbedaan global dalam catatan hak asasi manusia Beijing.

Berbicara di Majelis Umum PBB pada hari Selasa, seorang perwakilan dari Inggris mengeluarkan pernyataan atas nama 23 negara yang menimbulkan kekhawatiran atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

“(Ada) laporan yang dapat dipercaya tentang penahanan massal, upaya untuk membatasi praktik budaya dan agama, pengawasan massal yang menyasar etnis Uighur secara tidak proporsional, dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya serta pelanggaran di wilayah tersebut,” kata Karen Pierce seperti disitir dari CNN, Kamis (31/10/2019).

Dua puluh tiga negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, dan Australia, semuanya meminta China untuk menjunjung tinggi kewajiban dan komitmen nasional dan internasional untuk menghormati hak asasi manusia. Mereka juga meminta China memberikan akses ke Xinjiang untuk pemantau internasional.

Namun, tak lama setelah pernyataan Inggris, sekutu Beijing Belarus membuat pernyataannya sendiri atas nama 54 negara…



Selengkapnya: https://international.sindonews.com/read/1453956/42/pbb-terpecah-soal-perlakuan-china-terhadap-muslim-uighurs-1572438805

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “PBB Terpecah Soal Perlakuan China Terhadap Muslim Uighurs – SINDOnews.com”

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1453956/42/pbb-terpecah-soal-perlakuan-china-terhadap-muslim-uighurs-1572438805