Home Hiburan Dibebaskan AS, Wanita yang Dituduh Mata-mata Rusia Ini Sampai di Moskwa –...

Dibebaskan AS, Wanita yang Dituduh Mata-mata Rusia Ini Sampai di Moskwa – KOMPAS.com

10
0
SHARE


MOSKWA, KOMPAS.com – Seorang wanita yang dituduh mata-mata Rusia sampai di Moskwa sehari setelah dibebaskan oleh Amerika Serikat ( AS).

Maria Butina sampai di Bandara Sheremetyevo setelah menghabiskan sembilan bulan di Penjara Tallahassee, Florida, pada Sabtu (26/10/2019).

Baca juga: Perempuan Agen Rusia, Maria Butina Segera Bebas dari Penjara AS

Diberitakan AFP, Maria Butina ditahan pada Juli 2018 dengan tuduhan melakukan kegiatan mata-mata bagi Negeri “Beruang Merah”.

Pada Desember, wanita asal Siberia berusia 30 tahun itu menyepakati bakal mengaku bersalah atas tuduhan dia merupakan agen rahasia ilegal.

Pengadilan AS pun menjtuhkan hukuman penjara selama 18 bulan, dengan setengahnya sudah dia jalani sebelum dilepaskan Jumat (25/10/2019).

“Saya sangat senang kembali pulang. Saya bersyukur kepada semua orang yang mendukung saya, bagi rakyat Rusia yang membantu dan menuliskan surat kepada saya,” ujar Butina.

Dia mengatakan, dia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Rusia dan para diplomat yang sudah membantu membebaskannya.

Saat mengucapkannya, Butina memeluk sejumlah buket bunga dengan ayah dan juru bicara kemenlu, Maria Zakharova,…



Selengkapnya: https://internasional.kompas.com/read/2019/10/26/17435601/dibebaskan-as-wanita-yang-dituduh-mata-mata-rusia-ini-sampai-di-moskwa

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Dibebaskan AS, Wanita yang Dituduh Mata-mata Rusia Ini Sampai di Moskwa – KOMPAS.com”

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2019/10/26/17435601/dibebaskan-as-wanita-yang-dituduh-mata-mata-rusia-ini-sampai-di-moskwa