Home Hiburan Demo Berdarah di Irak, Benarkah Amerika Rencanakan Kudeta? | merdeka.com – merdeka.com

Demo Berdarah di Irak, Benarkah Amerika Rencanakan Kudeta? | merdeka.com – merdeka.com

22
0
SHARE


Demonstrasi di Irak. ©2019 REUTERS

Merdeka.com – Konflik memang sudah bukan barang baru di Irak. Tapi demonstrasi yang memicu bentrok aparat dengan massa sudah berlangsung enam hari belakangan merenggut lebih dari 100 jiwa dan ribuan orang luka.

Peristiwa demonstrasi besar-besaran di Ibu Kota Baghdad dan beberapa kota lain ini bisa dilacak hingga ke kabar seorang pejabat militer yang baru dipecat. Dia adalah Letnan Jenderal Abdulwahab al-Saadi.

Saadi dikenal sebagai pejabat militer senior di pasukan kontra-terorisme Irak. Saadi memegang peranan penting dalam perang mengalahkan kelompok militan ISIS di Irak. Dia adalah orang kedua di Divisi Kontra-terorisme Irak.

Dalam beberapa tahun terakhir Saadi bahkan dianggap pahlawan nasional atas perannya mengalahkan ISIS di sejumlah kota seperti Tikrit, Beiji, dan Mosul.

Akhir bulan lalu dia dipecat oleh Perdana Menteri Adil Abdul Mahdi dan ditempatkan di posisi belakang meja di Kementerian Pertahanan tanpa alasan jelas.

Saadi mengatakan pemecatan dirinya yang kemudian ditempatkan di Kementerian Pertahanan adalah sebuah “penghinaan” dan “hukuman”.

Keputusan ini memicu kemarahan pendukung Saadi dan…



Selengkapnya: https://www.merdeka.com/dunia/demo-berdarah-di-irak-benarkah-amerika-rencanakan-kudeta.html

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Demo Berdarah di Irak, Benarkah Amerika Rencanakan Kudeta? | merdeka.com – merdeka.com”

Sumber: https://www.merdeka.com/dunia/demo-berdarah-di-irak-benarkah-amerika-rencanakan-kudeta.html