Home Hiburan Reptil Terbang Bersayap 4 Meter Ditemukan di Pedalaman Australia – Cek Fakta...

Reptil Terbang Bersayap 4 Meter Ditemukan di Pedalaman Australia – Cek Fakta Tempo

22
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Reptil terbang yang hidup 96 juta tahun lalu ditemukan oleh seorang petani di Winton, Queensland, pedalaman Australia. Pterosaurus ini diduga hidup di hutan konifer dengan dataran banjir dan saluran sungai.

Reptil terbang itu bernama Ferrodraco lentoni, yang dalam bahasa Latin berarti naga besi, ditemukan dalam keadaan diawetkan di dalam batu besi.

“Pterosaurus baru ini, Ferrodraco, memiliki kepala dilengkapi dengan jengger, rahang sepanjang 60 sentimeter, dan lebar sayap sekitar 4 meter,” ungkap Paleontolog Adele Pentland, dari Universitas Teknologi Swinburne, Victoria, sebagaimana dikutip Daily Mail baru-baru ini.

Binatang prasejarah itu memiliki rahang memanjang yang sangat besar dan dipenuhi dengan gigi tajam untuk membunuh mangsanya. Mangsanya diduga adalah ikan dan hewan laut lainnya.

Penemuan kepala dan tulang tungkai makhluk itu juga menunjukkan bahwa makhluk itu hidup 10 juta tahun lebih lama daripada makhluk sejenis yang diyakini telah punah.

Pterosaurus adalah hewan bertulang belakang pertama yang berevolusi untuk dapat terbang. Mereka muncul sekitar 228 juta tahun yang lalu dan mendominasi langit selama sekitar 160 juta tahun.

Selama waktu itu,…



Selengkapnya: https://tekno.tempo.co/read/1256228/reptil-terbang-bersayap-4-meter-ditemukan-di-pedalaman-australia

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Reptil Terbang Bersayap 4 Meter Ditemukan di Pedalaman Australia – Cek Fakta Tempo”

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1256228/reptil-terbang-bersayap-4-meter-ditemukan-di-pedalaman-australia