Home Hiburan Kebakaran hutan: Empat perusahaan asing berstatus tersangka dan ‘ganti rugi yang baru...

Kebakaran hutan: Empat perusahaan asing berstatus tersangka dan ‘ganti rugi yang baru dibayarkan tak sampai satu persen’ – BBC Indonesia

20
0
SHARE


Hak atas foto
ANTARA FOTO

Image caption

Tim Satgas Gakum Karhutla Dit Reskrimsus Polda Kalsel menyegel lahan yang terbakar milik PT BIT di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (25/9/2019).

Empat dari sejumlah perusahaan yang ditetapkan sebagai tersangka kebakaran hutan dan lahan tahun ini adalah perusahaan asing milik Malaysia dan Singapura. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan keempat perusahaan asing itu beroperasi di Kalimantan.

Sementara dalam tiga tahun sebelumnya, dari 2015 sampai 2018, pemerintah menyatakan telah menyeret sembilan perusahaan. Tetapi ganti rugi yang diperoleh hanya satu persen dari tuntutan, kondisi yang disebut organisasi lingkungan Green Peace disebabkan sikap pemerintah yang terlalu lembek.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum Kementerian LHK, Rasio Ridho Sani, menyebut dari total ganti rugi yang wajib dibayarkan sembilan perusahan pembakar lahan sebesar Rp3,15 triliun, pemerintah baru menerima Rp78 miliar.

Angka itu, jika…



Selengkapnya: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49894699

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kebakaran hutan: Empat perusahaan asing berstatus tersangka dan ‘ganti rugi yang baru dibayarkan tak sampai satu persen’ – BBC Indonesia”

Sumber: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49894699