Home Hiburan Kemenkes Ingatkan Kemungkinan Penyebaran Virus Polio dari Filipina – ayobandung.com

Kemenkes Ingatkan Kemungkinan Penyebaran Virus Polio dari Filipina – ayobandung.com

47
0
SHARE


JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Kementerian Kesehatan RI mengingatkan masyarakat Indonesia¬† untuk mewaspadai kemungkinan penyebaran virus polio. Saat ini, virus tersebut mewabah di Pulau Mindanao dan Pulau Luzon, Filipina.

“Wabah polio saat ini terjadi di negara tetangga kita, di Filipina, baik di Ibu Kota Manila sendiri maupun di Luzon,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemkes Anung Sugihartono di Kemkes Jakarta, Senin (30/9/2019).

Ia mengatakan, ada hubungan wilayah yang sangat erat antara Filipina bagian selatan dan warga Indonesia di sekitar perbatasan, selain juga di Pulau Miangas, Sulawesi Utara.

“Karena hampir setiap kali ada transmisi atau migrasi orang dari Mindanao ke wilayah Indonesia, kita perlu mewaspadai sejak sekarang,” katanya.

Kewaspadaan tersebut perlu dilakukan mengingat vaksinasi polio meskipun efektif, masih menghadapi tantangan selain cakupan imunisasi yang belum merata di Indonesia.

Semua pihak perlu mengantisipasi sekaligus menyiapkan masyarakat agar tidak terinfeksi penyakit polio mengingat adanya kedekatan wilayah antara Filipina dengan wilayah Indonesia, baik secara langsung atau tidak langsung.

“Melalui transportasi udara…



Selengkapnya: https://www.ayobandung.com/read/2019/10/01/65412/kemenkes-ingatkan-kemungkinan-penyebaran-virus-polio-dari-filipina

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kemenkes Ingatkan Kemungkinan Penyebaran Virus Polio dari Filipina – ayobandung.com”

Sumber: https://www.ayobandung.com/read/2019/10/01/65412/kemenkes-ingatkan-kemungkinan-penyebaran-virus-polio-dari-filipina