Home Hiburan Khalifah Abu Bakar dan Gonjang-Ganjing Politik Setelah Nabi Wafat – tirto.id

Khalifah Abu Bakar dan Gonjang-Ganjing Politik Setelah Nabi Wafat – tirto.id

29
0
SHARE


Ilustrasi Abu Bakar al-Shidiq. tirto.id/Nauval

Sepeninggal Rasulullah, umat Islam tergoncang. Mereka mesti melewati suksesi yang berat dan gejolak pemberontakan di pelbagai wilayah.

tirto.id – Saat Rasulullah wafat, banyak orang tak bisa menerima. Umar bin Khattab, sahabat Nabi terkemuka, bahkan menghunus pedang dan mengancam akan membunuh siapa saja yang mengatakan Nabi wafat. Orang-orang panik dan gundah. Betapa tidak, sang junjungan, pemungkas para nabi, telah pergi untuk selama-lamanya.

Dalam situasi seperti itu, Abu Bakar Al-Shiddiq, sahabat Nabi yang terkenal lembut hatinya, hadir menyelamatkan akidah kaum Muslimin.

“Wahai sekalian manusia, barang siapa menyembah Muhammad, ketahuilah sesungguhnya Muhammad telah wafat. Dan barang siapa menyembah Allah, sesungguhnya Dia Maha Hidup dan tak akan pernah mati,” ucapnya seperti terdapat dalam Abu Bakar Al-Shiddiq: Khalifah Pembawa Kebenaran (2014) karya Khalid Muhammad Khalid.

Kaum Muslimin seketika tersadar. Namun, hal itu bukan berarti membuat jalan yang hendak ditempuh sepeninggal Rasulullah menjadi mudah. Abu Bakar yang kelak menjadi khalifah pertama mesti menghadapi persoalan politik yang hebat. Pada pusaran ini pula muncul…



Selengkapnya: https://tirto.id/khalifah-abu-bakar-dan-gonjang-ganjing-politik-setelah-nabi-wafat-egPH

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Khalifah Abu Bakar dan Gonjang-Ganjing Politik Setelah Nabi Wafat – tirto.id”

Sumber: https://tirto.id/khalifah-abu-bakar-dan-gonjang-ganjing-politik-setelah-nabi-wafat-egPH