Home Hiburan AS Tes Rudal Jelajah Pertama Setelah Keluar Traktat INF – SINDOnews.com

AS Tes Rudal Jelajah Pertama Setelah Keluar Traktat INF – SINDOnews.com

59
0
SHARE


loading…

WASHINGTON – Pentagon menguji rudal jelajah yang diluncurkan dari darat dengan jangkauan lebih dari 500 km. Ini menjadi tes pertama sejak Amerika Serikat (AS) keluar dari Traktat Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF). AS secara resmi mundur dari pakta 1987 dengan Rusia itu pada 2 Agustus setelah menganggap Moskow melanggar traktat itu. Tuduhan itu disangkal oleh Kremlin.

INF yang dinegosiasikan ketika itu oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, melarang rudal berbasis darat dengan jangkauan antara 500 dan 5.500 km. Dalam pernyataannya, Pentagon menyatakan tes penembakan rudal dilakukan di San Nicolas Island, California, pada Minggu (18/8), dan rudal mengenai target setelah meluncur lebih dari 500 km.

Tes semacam itu telah dilarang dalam traktat INF. “Tes rudal berbasis darat oleh militer AS yang dilarang dalam traktat INF dua pekan setelah penghentian resmi traktat ini merupakan sinisme dan ejekan terang-terangan pada komunitas internasional,” ungkap anggota parlemen Rusia Frants Klintsevich, dilansir kantor berita RIA.

“Kami, tentu saja, akan melakukan yang terbaik dalam jangka pendek untuk memastikan AS tidak memiliki superioritas…



Selengkapnya: https://international.sindonews.com/read/1431862/42/as-tes-rudal-jelajah-pertama-setelah-keluar-traktat-inf-1566346326

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “AS Tes Rudal Jelajah Pertama Setelah Keluar Traktat INF – SINDOnews.com”

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1431862/42/as-tes-rudal-jelajah-pertama-setelah-keluar-traktat-inf-1566346326