Home Hiburan Hindari Kerusuhan, Otoritas India Tahan 4.000 Warga Kashmir – Kompas.com – Internasional...

Hindari Kerusuhan, Otoritas India Tahan 4.000 Warga Kashmir – Kompas.com – Internasional Kompas.com

10
0
SHARE


KASHMIR, KOMPAS.com – Ribuan warga Kashmir dilaporkan telah ditahan otoritas India sejak dihapuskannya status otonomi khusus wilayah itu, dua pekan lalu.

Penahanan ribuan orang tersebut karena kekhawatiran akan terjadinya kerusuhan menyusul keputusan penghapusan status otonomi khusus wilayah Kashmir, menurut sumber pemerintah India kepada AFP.

Disampaikan salah seorang hakim, yang berbicara dengan syarat anonimitas, setidaknya 4.000 orang telah ditahan di bawah Undang-Undang Keamanan Publik (PSA), yang kontroversial karena memungkinkan pihak berwenang melakukan penahanan terhadap seseorang hingga dua tahun tanpa perlu melalui proses pengadilan.

“Sebagian besar dari mereka dipindahkan ke penjara di luar Kashmir karena penjara di sini sudah melebihi kapasitas,” kata hakim tersebut dikutip AFP, Senin (19/8/2019).

Baca juga: India Kecam Campur Tangan Dunia Internasional dalam Masalah Kashmir

Angka tersebut, menurut hakim itu, diperoleh dari informasi yang dikumpulkannya dari rekan-rekannya di seluruh wilayah Himalaya, menggunakan telepon satelit, yang diberikan kepada pejabat menyusul pemutusan layanan komunikasi dan penguncian oleh pihak berwenang.

Pihak…



Selengkapnya: https://internasional.kompas.com/read/2019/08/19/17555351/hindari-kerusuhan-otoritas-india-tahan-4000-warga-kashmir?page=all

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Hindari Kerusuhan, Otoritas India Tahan 4.000 Warga Kashmir – Kompas.com – Internasional Kompas.com”

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2019/08/19/17555351/hindari-kerusuhan-otoritas-india-tahan-4000-warga-kashmir?page=all