Home Hiburan Perang Dagang AS-China Makin Sengit, Jerman Bisa Keruk Untung – Detiknews

Perang Dagang AS-China Makin Sengit, Jerman Bisa Keruk Untung – Detiknews

48
0
SHARE





Berlin

Putaran berikut dalam perang dagang AS-Cina akan dibuka mulai 1 September, ketika AS menerapkan tarif impor baru terhadap produk-produk impor dari Cina. Lembaga penelitian ekonomi IFO di Mnchen menyatakan, beberapa negara Eropa, termasuk Jerman, bisa mengeruk untung dari konflik ini.

Tapi keuntungan besar hanya bisa diraih apabila Cina menjawab kebijakan tarif impor AS dengan langkah balasan.

Presiden AS Donald Trump awal Agustus mengumumkan tarif impor 10 persen untuk produk Cina senilai 300 miliar dolar AS. Kebijakan ini memperuncing perang dagang antara kedua negara. Sejauh ini, Cina belum mengumumkan langkah balasan yang konkret, hanya mengatakan akan membalas kebijakan itu.

Perselisihan dagang antara dua ekonomi terbesar dunia itu membebani prospek pertumbuhan global, bahkan memicu kekhawatiran akan meluasnya resesi. Tetapi segelintir negara di Asia, seperti Vietnam dan Taiwan, sejauh ini mendapat manfaat dari sengketa itu, karena makin banyak perusahaan yang mengalihkan produksi mereka dari Cina ke negara lain untuk menghindari taris impor AS.

Hanya untung besar kalau perang dagang makin sengit

Laporan IFO Institute…



Selengkapnya: https://news.detik.com/dw/d-4666300/perang-dagang-as-china-makin-sengit-jerman-bisa-keruk-untung

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Perang Dagang AS-China Makin Sengit, Jerman Bisa Keruk Untung – Detiknews”

Sumber: https://news.detik.com/dw/d-4666300/perang-dagang-as-china-makin-sengit-jerman-bisa-keruk-untung