Home Hiburan Protes Hong Kong : Apakah China bisa campur tangan secara militer dan...

Protes Hong Kong : Apakah China bisa campur tangan secara militer dan politik? – Tribunnews

35
0
SHARE


Kekacauan di Hong Kong kini memasuki pekan ke-11, kekerasan semakin sering terjadi dan demonstrasi menyebabkan gangguan.

Pemerintah China mengecam keras pengunjuk rasa, tetapi banyak kalangan bertanya-tanya apakah pemerintah negara itu akhirnya nanti kehilangan kesabaran dan mengambil tindakan lebih langsung.

Opsi hukum apa saja yang dimiliki Beijing untuk campur tangan? Berikut tiga hal penting.

Apakah China dapat mengirimkan militernya?

Hukum Dasar – konstitusi mini daerah administratif khusus Hong Kong yang berlaku sejak Inggris menyerahkan wilayah itu kepada China pada tahun 1997 – sangat jelas. Intervensi militer China hanya dapat dilakukan jika diminta oleh pemerintah Hong Kong, dan untuk tujuan “menjaga ketertiban umum dan penanganan bencana”.

Sebagian besar analis berpendapat opsi itu hampir tidak mungkin akan ditempuh, bahkan oleh pemerintah yang sangar pro-Beijing sekali pun.

Getty Images
Militer China menempatkan sekitar 5.000 personel di Hong Kong.

Foto-foto tentang pasukan China berbaris di Hong Kong dan menumpas protes prodemokrasi, sekali pun tidak sampai menggunakan kekuatan yang mematikan, merupakan bencana bagi reputasi wilayah tersebut, mengacaukan…



Selengkapnya: https://www.tribunnews.com/internasional/2019/08/14/protes-hong-kong-apakah-china-bisa-campur-tangan-secara-militer-dan-politik

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Protes Hong Kong : Apakah China bisa campur tangan secara militer dan politik? – Tribunnews”

Sumber: https://www.tribunnews.com/internasional/2019/08/14/protes-hong-kong-apakah-china-bisa-campur-tangan-secara-militer-dan-politik