Home Hiburan RI Gandeng Pemerintah China Tangkap Agen Pengantin Pesanan di China – detikNews

RI Gandeng Pemerintah China Tangkap Agen Pengantin Pesanan di China – detikNews

58
0
SHARE





Bangkok
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi untuk membahas penyelesaian kasus pengantin pesanan. Menlu Retno pun usulkan tiga hal dalam penanganan masalah ini.

“Pertama, agar 18 korban yang sudah berada di KBRI Beijing dapat segera difasilitasi pemulangannya,” kata Retno melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (31/7/2019).

Kedua menteri ini bertemu di sela-sela pertemuan tingkat menteri ASEAN (AMM) di Bangkok, Selasa (30/7/2019). Retno juga meminta kedua belah pihak, baik Indonesia maupun China untuk mengecek kembali dokumen pernikahan campuran ini secara teliti.

“Kedua, pemrosesan dokumen legalisasi pernikahan campuran di Kedubes RRT dan juga di RRT dapat dilakukan dengan pemeriksaan yang lebih teliti,” sambungnya.

Selain itu, Menlu Retno juga meminta kerja sama dengan China untuk penegakan hukum para tersangka yang terindikasi dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Ia berharap agen penyalur yang beroperasi di China dapat ditangkap.

“Ketiga, kerja sama untuk pemberantasan TPPO. Perlu kerja sama pemerintah RRT untuk dapat melakukan penegakan hukum untuk menangkap para…



Selengkapnya: https://news.detik.com/berita/d-4646156/ri-gandeng-pemerintah-china-tangkap-agen-pengantin-pesanan-di-china

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “RI Gandeng Pemerintah China Tangkap Agen Pengantin Pesanan di China – detikNews”

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4646156/ri-gandeng-pemerintah-china-tangkap-agen-pengantin-pesanan-di-china