Home Hiburan Menurut Erdogan, Seharusnya NATO Senang jika Turki Beli Sistem Rudal S-400 –...

Menurut Erdogan, Seharusnya NATO Senang jika Turki Beli Sistem Rudal S-400 – Kompas.com – KOMPAS.com

17
0
SHARE


ANKARA, KOMPAS.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut jika ada pihak yang diuntungkan dengan pembelian sistem rudal S-400, itu adalah NATO.

Dia menyebut organisasi negara Atlantik Utara itu seharusnya “bahagia” karena Turki bisa memperkuat pertahanan negara meski harus membeli sistem buatan Rusia itu.

“Jika Turki menjadi lebih kuat di kawasan, siapa lagi yang bakal lebih kuat? Tentunya aliansi sendiri,” tutur Erdogan sebagaimana dikutip Russian Today Minggu (14/7/2019).

Baca juga: Erdogan: Jika AS Menolak Kirim Jet Tempur F-35, Itu Sama Saja Merampok

Pernyataan itu dia sampaikan setelah pejabat AS menuturkan Turki bisa terkena sanksi di bawah CAATSA, UU 2017 yang bertujuan mencegah sekutu membeli senjata Rusia.

Namun, hingga saat ini Washington masih belum menerapkan sanksi meski Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri DPR AS Eliot Angel menyebut Erdogan harus menerima “konsekuensi”.

Meski anggota NATO, Turki kerap bersitegang dengan AS. Di antaranya adalah desakan Ankara supaya AS menyerahkan Fethullah Gulen, ulama yang diduga sebagai otak upaya kudeta 2016 melawan Erdogan.

Lebih lanjut, Erdogan menyatakan dia optimis Presiden Donald Trump tidak akan…



Selengkapnya: https://internasional.kompas.com/read/2019/07/15/10490451/menurut-erdogan-seharusnya-nato-senang-jika-turki-beli-sistem-rudal-s

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Menurut Erdogan, Seharusnya NATO Senang jika Turki Beli Sistem Rudal S-400 – Kompas.com – KOMPAS.com”

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2019/07/15/10490451/menurut-erdogan-seharusnya-nato-senang-jika-turki-beli-sistem-rudal-s