Home Hiburan Planet Bumi Tenggelam dalam Lautan Sampah Plastik – detikNews

Planet Bumi Tenggelam dalam Lautan Sampah Plastik – detikNews

46
0
SHARE





Berlin

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan masalah polusi plastik, banyak negara di dunia mulai menerapkan larangan akan produk-produk tertentu. Larangan tersebut tidak hanya dapat membantu mencegah masuknya plastik ke ekosistem laut, namun juga menjadi jawaban atas mitos bahwa kita bisa lari dari masalah tersebut.

Dari 8,3 miliar ton plastik yang di produksi antara tahun 1950 dan 2015, hanya sembilan persen dari jumlah tersebut yang berhasil didaur ulang. Kebanyakan produk plastik yang diproduksi sebenarnya tidak bisa didaur ulang.

DW mengkaji beberapa larangan-larangan baru yang bisa menanggulangi masalah polusi plastik.

Uni Eropa: Plastik sekali pakai

Merujuk kepada hasil suara di parlemen Eropa bulan Maret lalu, peralatan makan, gelas, piring plastik dan korek kuping masuk ke dalam kategori produk-produk plastik sekali pakai yang dilarang. Larangan tersebut dilandasi oleh peraturan Uni Eropa mengenai plastik sekali pakai dan memiliki tujuan untuk mengatasi masalah limbah laut yang disebabkan oleh sepuluh produk plastik yang sering ditemukan di pantai-pantai Eropa. Implementasi larangan ini akan dimulai pada…



Selengkapnya: https://news.detik.com/dw/d-4624190/planet-bumi-tenggelam-dalam-lautan-sampah-plastik

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Planet Bumi Tenggelam dalam Lautan Sampah Plastik – detikNews”

Sumber: https://news.detik.com/dw/d-4624190/planet-bumi-tenggelam-dalam-lautan-sampah-plastik