Home Hiburan Konstitusi Baru Korut Sebut Kim Jong-Un ‘Kepala Negara’, Apa Artinya? – detikNews

Konstitusi Baru Korut Sebut Kim Jong-Un ‘Kepala Negara’, Apa Artinya? – detikNews

8
0
SHARE





Pyongyang
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un secara resmi disebut sebagai kepala negara Korut dan panglima tertinggi dalam militer Korut dalam konstitusi baru rezim komunis tersebut. Para pengamat menilai konstitusi baru Korut ini mungkin menjadi persiapan menuju perjanjian damai dengan Amerika Serikat (AS).

Diketahui bahwa Korut telah sejak lama menyerukan kesepakatan damai dengan AS untuk menormalisasi hubungan dan mengakhiri perang yang secara teknis masih berlangsung, karena Perang Korea tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata bukan perjanjian damai.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (12/7/2019), konstitusi baru Korut ini diungkapkan oleh situs berita Naenara pada Kamis (11/7) waktu setempat.

Dalam konstitusi baru ini, Kim Jong-Un yang merupakan Ketua Komisi Urusan Negara (SAC), lembaga tinggi pemerintahan yang dibentuk tahun 2016, disebut sebagai ‘perwakilan tertinggi untuk seluruh rakyat Korea’ yang sama saja berarti seorang ‘kepala negara’.

Konstitusi baru itu juga menyebut Kim Jong-Un sebagai ‘panglima tertinggi’ Korut.

Konstitusi Korut sebelumnya hanya menyebut Kim Jong-Un sebagai ‘pemimpin tertinggi’ yang…



Selengkapnya: https://news.detik.com/internasional/d-4621753/konstitusi-baru-korut-sebut-kim-jong-un-kepala-negara-apa-artinya

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Konstitusi Baru Korut Sebut Kim Jong-Un ‘Kepala Negara’, Apa Artinya? – detikNews”

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-4621753/konstitusi-baru-korut-sebut-kim-jong-un-kepala-negara-apa-artinya