Home Hiburan Melihat Makanan Para Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasa – detikNews

Melihat Makanan Para Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasa – detikNews

14
0
SHARE





Jakarta
Getty Images

Misi luar angkasa artinya para astronaut perlu makanan berkualitas tinggi. Tapi bagaimana caranya, ketika di angkasa tidak ada kompor atau air panas?

Setiap astronaut NASA sejak Alan Shepard tahun 1961 selalu dijamu sarapan lezat sebelum terbang. Semua makanan sebelum penerbangan Apollo khusus disiapkan mengandung nutrisi, kalori dan yang terpenting adalah apa yang oleh dokter disebut sebagai “makanan residu rendah”.

Dengan kata lain, menunya harus berupa makanan rendah serat yang tidak membuat astronaut ingin segera mencari toilet setelah lepas landas.

Misi-misi awal juga membatasi asupan kopi sebelum peluncuran, karena kopi bersifat diuretik. Penerbangan Alan Shepard di Misi Merkuri, misalnya, hanya 15 menit sehingga dokter memperkirakan dia tak perlu buang air kecil sampai lepas landas. Sayangnya, mereka tidak memperhitungkan keterlambatan penghitungan mundur.

“Mereka menempatkan Alan Shepard di roketnya tanpa cara untuk buang air kecil,” kata reporter Jay Barbree, yang mengomentari misi itu untuk saluran TV AS, NBC.

“Setelah dua jam, dia mulai mengeluh dan mati-matian minta izin untuk buang air kecil di…



Selengkapnya: https://news.detik.com/bbc-world/d-4623195/melihat-makanan-para-astronaut-ketika-berada-di-luar-angkasa

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Melihat Makanan Para Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasa – detikNews”

Sumber: https://news.detik.com/bbc-world/d-4623195/melihat-makanan-para-astronaut-ketika-berada-di-luar-angkasa