Home Hiburan Temuan Tank Tua di Merauke: Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda – Cek Fakta...

Temuan Tank Tua di Merauke: Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda – Cek Fakta Tempo

47
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintahan pendudukan Belanda di Papua pada 1945-1962 pernah menempatkan skuadron tank di Kabupaten Merauke, kata Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto.

“Tank yang ditemukan warga di Pelabuhan Umum Merauke, merupakan bagian dari Eskadron Pantserwagens atau skadron tank satuan kavaleri Belanda,” kata Hari ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis, 11 Juli 2019.

Tank tersebut merupakan peninggalan Angkatan Darat Belanda, pada masa pemerintahan Netherland Niew Guinea atau Nugini Belanda di Papua.

Oleh Belanda,  Merauke dijadikan pusat pemerintahan sekaligus sebagai pusat pertahanan untuk pesisir Selatan Papua dalam  menghadapi kampanye pengembalian Irian Barat oleh Presiden Soekarno.

Menurut Hari, tank tersebut penemuan baru di Merauke. “Balai Arkeologi Papua pada tahun 2010 pernah melakukan penelitian peninggalan Belanda di Merauke, tapi tidak menemukan tank,” katanya kepada Tempo, Kamis.

Secara fisik, dilihat dari foto yang sudah beredar. Itu adalah tank Sherman buatan Amerika Serikat. Pada waktu itu, selesai Perang Dunia II, Belanda banyak mendapat peralatan militer dari Amerika.

Tank M4 Sherman atau medium tank dibuat oleh Amerika dan…



Selengkapnya: https://tekno.tempo.co/read/1223761/temuan-tank-tua-di-merauke-arkeolog-sengaja-dikubur-belanda

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Temuan Tank Tua di Merauke: Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda – Cek Fakta Tempo”

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1223761/temuan-tank-tua-di-merauke-arkeolog-sengaja-dikubur-belanda