Home Hiburan Pemimpin Hong Kong Tegaskan RUU Ekstradisi Telah Mati – detikNews

Pemimpin Hong Kong Tegaskan RUU Ekstradisi Telah Mati – detikNews

8
0
SHARE





Hong Kong
Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengumumkan bahwa rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi yang dikritik banyak pihak ‘sudah mati’. Namun dia tidak menegaskan apakah ini memenuhi tuntutan demonstran yang meminta pencabutan segera RUU itu dari pembahasan di Dewan Legislatif Hong Kong.

“Masih ada keraguan yang belum hilang soal ketulusan pemerintah ataupun kekhawatiran (soal) apakah pemerintah akan memulai kembali prosesnya dengan Dewan Legislatif,” ucap Lam dalam konferensi pers terbaru di Hong Kong, seperti dilansir AFP, Selasa (9/7/2019).

“Jadi saya tegaskan di sini, tidak ada rencana semacam itu. RUU itu sudah mati,” tegas Lam.


Unjuk rasa besar-besaran yang digelar di Hong Kong beberapa pekan terakhir dipicu oleh RUU kontroversial, yang akan mengizinkan orang-orang di Hong Kong yang terjerat pidana untuk diekstradisi ke dataran utama China untuk disidang.
Semakin lama, unjuk rasa yang dicetuskan oleh kelompok muda Hong Kong ini meluas menjadi pergerakan menyerukan reformasi demokratis.

Kemarahan publik memuncak terhadap Lam yang dikenal pro-China. Terlebih dia sebelumnya hanya mengumumkan penangguhan pembahasan RUU…



Selengkapnya: https://news.detik.com/internasional/d-4616607/pemimpin-hong-kong-tegaskan-ruu-ekstradisi-telah-mati

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Pemimpin Hong Kong Tegaskan RUU Ekstradisi Telah Mati – detikNews”

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-4616607/pemimpin-hong-kong-tegaskan-ruu-ekstradisi-telah-mati