Home Health Terpopuler Sepekan: Efek Samping dan Fakta Seputar Vaksin Corona Sinovac – detikHealth

Terpopuler Sepekan: Efek Samping dan Fakta Seputar Vaksin Corona Sinovac – detikHealth

2
0
SHARE


Jakarta

Awal Agustus, uji klinis fase ketiga vaksin Corona Sinovac, China, di Bandung akan segera dilaksanakan. Terbagi di enam lokasi yaitu: Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, Puskesmas Ciumbuleuit, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Sukaparkir.

Tim Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Kusnandi Rusmil menjelaskan, kemungkinan ada dua efek samping yang muncul saat pemberian vaksin.

“Efek sampingnya dua, reaksi lokal dan sistemik. Reaksi lokal di tempat suntikan ada merah, bengkak, nyeri dalam 48 jam sudah hilang lagi,” kata Kusnandi di Balai Kota Bandung, Senin (27/7/2020).

Efek samping lokal umumnya terjadi sebanyak 30 persen dari jumlah subjek penelitian (relawan). Sementara, efek samping lainnya yaitu sistemik di mana kondisi relawan mengalami demam di 30 menit pertama saat pemberian vaksin.

Jika relawan atau subjek mengalami efek samping di 30 menit pertama, akan dilakukan tindakan atau penanganan tertentu oleh pengawas atau dokter. Kusnandi mengatakan, reaksi ini akan timbul jika relawan memiliki alergi tertentu.

“Penting 30 menit pertama kita lihat ada tidak yang lemas, itu yang harus dijaga…



Selengkapnya: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5116638/terpopuler-sepekan-efek-samping-dan-fakta-seputar-vaksin-corona-sinovac

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Terpopuler Sepekan: Efek Samping dan Fakta Seputar Vaksin Corona Sinovac – detikHealth”

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5116638/terpopuler-sepekan-efek-samping-dan-fakta-seputar-vaksin-corona-sinovac

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling


Advertisement
loading...