Home Health Seperti HIV, Virus Corona Cepat Bermutasi – Republika Online

Seperti HIV, Virus Corona Cepat Bermutasi – Republika Online

5
0
SHARE


Virus yang telah bermutasi ini biasanya lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19 sudah menginfeksi jutaan umat manusia di berbagai belahan dunia. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang meninggal dunia akibat terpapar virus tersebut.

Kepala Divisi Pulmonologi dan Penyakit Kritis RSUP Dr Sardjito, dr Sumardi mengatakan, virus corona baru ini terus bermutasi cepat. Mutasi terjadi ketika virus mereplikasikan diri di dalam sel dan menyalin kode genetiknya.

Ia menilai, virus corona jenis baru ini merupakan virus RNA. RNA merupakan strain yang saat bertemu dengan inang dapat membuat salinan baru yang bisa terus menginfeksi sel lain.”Materi genetik Covid-19 adalah RNA dan asam aminonya terus berubah dan mutasi. Berbeda dengan virus DNA yang tidak lebih rentan terhadap perubahan,” kata Sumardi, Jumat (22/5).

Pakar Penyakit Dalam Spesialis Paru-Paru (Internis Pulmonologist) FKKMK UGM itu menerangkan, mutasi virus merupakan siklus yang biasa dalam evolusi. Tapi, mutasi akan mengubah tingkat keparahan penyakit yang disebabkannya.

Virus yang telah bermutasi ini…



Selengkapnya: https://republika.co.id/berita/qat1qg483/seperti-hiv-virus-corona-cepat-bermutasi

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Seperti HIV, Virus Corona Cepat Bermutasi – Republika Online”

Sumber: https://republika.co.id/berita/qat1qg483/seperti-hiv-virus-corona-cepat-bermutasi

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling