Home Health Virus Corona Ditemukan di Sperma, Menular Saat Hubungan Seks? – Tempo

Virus Corona Ditemukan di Sperma, Menular Saat Hubungan Seks? – Tempo

13
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Begitu masuk tubuh, virus corona Covid-19 kelihatannya bisa sampai ke mana-mana, bukan hanya paru-paru. Selama ini diketahui kalau dia bisa sampai ke ginjal, jantung, hati, dan usus. Terbaru, sebuah penelitian di kelompok kecil pasien mengungkap kalau virus itu juga ditemukan pada cairan sperma atau semen.

Temuan pada sperma seperti yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open terbit pada 7 Mei 2020 itu belum berarti Covid-19 juga menular lewat hubungan seks. Studi itu hanya melibatkan 38 pria di Shangqiu, Cina.

Mereka yang dipilih adalah yang positif penyakit virus corona 2019 itu dan mengalami gejala sakit atau telah sembuh darinya. Mereka diminta menyediakan sampel semen atau air mani lalu diperiksa oleh dokter kandungannya, apakah ditemukan virus corona tersebut.

Hasilnya, tim peneliti menemukan virus itu di sampel cairan sperma milik enam orang atau 16 persen dari pasien yang diperiksa. Dari enam pasien itu, empat di antaranya masih sakit dan dua baru saja dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Penting untuk dicatat, meskipun tim peneliti itu menemukan materi genetik virus corona penyebab Covid-19 pada sperma, studi itu tidak sampai…



Selengkapnya: https://tekno.tempo.co/read/1340600/virus-corona-ditemukan-di-sperma-menular-saat-hubungan-seks

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Virus Corona Ditemukan di Sperma, Menular Saat Hubungan Seks? – Tempo”

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1340600/virus-corona-ditemukan-di-sperma-menular-saat-hubungan-seks

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling