Home Health Ma’ruf Amin: Kiai Repot Salaman Cium Tangan saat Wabah Corona – CNN...

Ma’ruf Amin: Kiai Repot Salaman Cium Tangan saat Wabah Corona – CNN Indonesia

25
0
SHARE


Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai salah satu pihak yang kerepotan menghadapi penyebaran virus corona (covid-19) yang sudah memasuki Indonesia adalah kiai.

Ma’ruf menyebut para kiai pasti kerepotan karena tangan mereka kerap dicium saat bersalaman dengan para murid atau masyarakat umum lainnya ketika bertemu.

“Ini yang repot kiai, kalau salaman kan cium tangan,” kata Ma’ruf saat berpidato di depan peserta Rakernas Ikatan Dai Indonesia, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (9/3).



Mencium tangan dalam tradisi Nahdhatul Ulama (NU) dapat diartikan sebagai simbol untuk menghormati kealiman, kezuhudan, dan kewara`an para kiai.
Ma’ruf menyatakan gaya bersalaman banyak orang sudah bertransformasi dengan berbagai cara di tengah maraknya corona. Gaya baru ini antara lain dengan menggunakan sikut atau kaki untuk mencegah tertular virus tersebut.

Mantan Rais Aam PBNU itu pun meminta agar masyarakat Indonesia menggalakkan langkah hidup sehat, seperti mencuci tangan usai memengang benda hingga membawa sajadah sendiri ketika beribadah di masjid.

“Jadi suruh bawa sajadah sendiri. Supaya dia enggak kena bekas orang lain, kita ikhtiar aja….



Selengkapnya: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200309121954-20-481701/maruf-amin-kiai-repot-salaman-cium-tangan-saat-wabah-corona

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Ma’ruf Amin: Kiai Repot Salaman Cium Tangan saat Wabah Corona – CNN Indonesia”

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200309121954-20-481701/maruf-amin-kiai-repot-salaman-cium-tangan-saat-wabah-corona

Kata Kunci : Wisata,Hotel,Liburan,Traveling