Home Jogja Jadi Rebutan China & Amerika Serikat dan Bisa Sulut Perang Dunia III,...

Jadi Rebutan China & Amerika Serikat dan Bisa Sulut Perang Dunia III, Ada Apa di Laut China Selatan?

7
0
SHARE

TRIBUNJOGJA.COM – Eskalasi perang dingin antara Amerika Serikat dan China di Laut China Selatan (LCS) meningkat akhir-akhir ini.

Selain keduanya saling memamerkan kekuatan dan saling sindir mengenai pandemi virus corona, sebenarnya kedua kekuatan ekonomi terbesar dunia tersebut tengah memperebutkan cadangan minyak dan gas alam di dasar LCS.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Mantan Komandan Sekutu Tertinggi NATO dan pensiunan Angkatan Laut AS, Laksamana James Stavrdis dalam opininya di Bloomberg, Jumat (22/5/2020).

Stavrdis mengatakan, ia telah menghabiskan sebagian besar karir militernya berlayar di Pasifik dan berlayar berkali-kali melewati perairan lembab Laut China Selatan.

Stavrdis mengatakan Laut China Selatan merupakan perairan yang besar dan luas. Ukurannya setara dengan laut Karibia dan Teluk Meksiko bila digabungkan.

Nah ia menuturkan, dasar LCS penuh dengan cadangan minyak dan gas. Kemudian hampir 40% perdagangan internasional melewati jalur ini. Sehingga wilayah LCS…



Selengkapnya: https://jogja.tribunnews.com/2020/05/23/jadi-rebutan-china-amerika-serikat-dan-bisa-sulut-perang-dunia-iii-ada-apa-di-laut-china-selatan

Artikel ini telah tayang di jogja.tribunnews.com dengan judul “Jadi Rebutan China & Amerika Serikat dan Bisa Sulut Perang Dunia III, Ada Apa di Laut China Selatan?”

Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2020/05/23/jadi-rebutan-china-amerika-serikat-dan-bisa-sulut-perang-dunia-iii-ada-apa-di-laut-china-selatan