Home Jogja Lukisan Berburu Berumur 44.000 Tahun Ditemukan di Dinding Gua Leang Bulu’ Maros

Lukisan Berburu Berumur 44.000 Tahun Ditemukan di Dinding Gua Leang Bulu’ Maros

16
0
SHARE

TRIBUNJOGJA.COM – Peneliti menemukan gambar figuratif perburuan tertua di Situs Leang Bulu’ Sipong 4 yang merupakan satu dari ratusan gua di wilayah karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Menurut tim peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Balitbang, Kemendikbud, dan Griffith University, lukisan yang ditemukan di gua Maros-Pangkep tersebut, menggambarkan adegan sekelompok figur setengah manusia dan setengah hewan (therianthropes) yang sedang berburu hewan mamalia besar dengan tombak maupun tali.

Lukisan tersebut diperkirakan berasal dari 44 ribu tahun lalu–membuatnya menjadi yang tertua di dunia.

Hal ini diketahui dari hasil pengukuran peluruhan radio aktif dari uranium dan elemen lainnya dari pembentukan mineral yang terjadi di Leang Bulu’ Sipong 4 yang diperkirakan berusia antara 35.100 sampai 43.900 tahun yang lalu.

Lokasi Situs Leang Bulu’ Sipong 4 di kawasan Karst Maros Pangkep, Sulawesi Selatan. (IST/Kim Newman)

Maxime Aubert, peneliti dari Place, Evolution…



Selengkapnya: https://jogja.tribunnews.com/2019/12/16/lukisan-berburu-berumur-44000-tahun-ditemukan-di-dinding-gua-leang-bulu-maros

Artikel ini telah tayang di jogja.tribunnews.com dengan judul “Lukisan Berburu Berumur 44.000 Tahun Ditemukan di Dinding Gua Leang Bulu’ Maros”

Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2019/12/16/lukisan-berburu-berumur-44000-tahun-ditemukan-di-dinding-gua-leang-bulu-maros