Home Jogja Erupsi Tangkuban Parahu, BMKG Pastikan Tak Akan Picu Aktivitas Sesar Lembang

Erupsi Tangkuban Parahu, BMKG Pastikan Tak Akan Picu Aktivitas Sesar Lembang

87
0
SHARE

Seperti diketahui, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu tersebut terekam dengan baik oleh sensor seismograph Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) di Stasiun Seismik Lembang (LEM).

Pasca erupsi freatik Gunung Tangkuban Parahu, banyak pertanyaan dilontarkan, apakah erupsi ini dapat memicu aktivitas Sesar Lembang?

Menurut Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, aktivitas kedua tak berhubungan.

“Karena gempa tektonik lazimnya disebabkan oleh interaksi antar lempeng tektonik atau aktivitas sesar aktif, bukan karena erupsi freatik gunung api,” kata Daryono kepada Kompas.com, Sabtu (27/7/2019).

Erupsi freatik adalah letusan yang tekanannya berasal dari pemanasan air tanah di bawah dasar kawah. Pemanasan yang konstan berlangsung di dasar kawah akan meningkatkan terbentuknya tekanan uap air yang kemudian meletup ke permukaan.

Daryono juga menerangkan, erupsi freatik adalah fenomena lokal. Sementara jarak antara



Selengkapnya: https://jogja.tribunnews.com/2019/07/27/erupsi-tangkuban-parahu-bmkg-pastikan-tak-akan-picu-aktivitas-sesar-lembang

Artikel ini telah tayang di jogja.tribunnews.com dengan judul “Erupsi Tangkuban Parahu, BMKG Pastikan Tak Akan Picu Aktivitas Sesar Lembang”

Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2019/07/27/erupsi-tangkuban-parahu-bmkg-pastikan-tak-akan-picu-aktivitas-sesar-lembang