Home Bisnis Harga Produsen di Cina Alami Penurunan Tertajam – Republika Online

Harga Produsen di Cina Alami Penurunan Tertajam – Republika Online

2
0
SHARE


Pelemahan sektor manufaktur salah satunya akibat peningkatan tensi perang tarif.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Harga produsen di Cina mengalami penurunan tertajam sejak tiga tahun terakhir pada Oktober. Pelemahan sektor manufaktur akibat penurunan permintaan dari negara lain dan peningkatan tensi perang tarif dengan Amerika Serikat (AS) menjadi faktor utamanya.

Indeks harga produsen (PPI) yang dilihat sebagai indikator kunci dari profitabilitas perusahaan turun 1,6 persen pada Oktober dari tahun sebelumnya (year on year/yoy). Berdasarkan data Biro Statistik Nasional (NBS), tren tersebut menjadi penurunan tertajam sejak Juli 2016.

Penurunan PPI selaras dengan indikator lain yang menunjukkan penyusutan aktivitas manufaktur pada Oktober. Indeks Manajer Pembelian (PMI) secara resmi menunjukkan kontraksi selama enam bulan berturut-turut.

Analis ekonomi makro dari Changjiang Securities, Zhao Wei, mengatakan, deflasi PPI kemungkinan akan terus berlanjut seiring dengan tekanan permintaan dari berbagai negara. “PPI mungkin terus berada dalam kisaran pertumbuhan negatif,” katanya dilansir di Reuters, Sabtu (9/11).

Banyak analis…



Selengkapnya: https://republika.co.id/berita/q0q6f3409/harga-produsen-di-cina-alami-penurunan-tertajam

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Harga Produsen di Cina Alami Penurunan Tertajam – Republika Online”

Sumber: https://republika.co.id/berita/q0q6f3409/harga-produsen-di-cina-alami-penurunan-tertajam