Home Bisnis Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina – detikFinance

Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina – detikFinance

31
0
SHARE


Jakarta – PT Pertamina (Persero) tengah mengebut pembangunan 6 kilang. Dari 6 kilang, 4 di antaranya merupakan perluasan yakni Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Balongan, Cilacap dan Dumai.

Kemudian, dua sisanya merupakan kilang baru yakni Grass Root Refinery (GRR) Tuban dan GRR Bontang. Bagaimana progresnya?

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang menjelaskan untuk RDMP Balikpapan saat ini sudah masuk progres konstruksi, di mana telah mencapai 9%. Angka ini lebih tinggi dibanding target Pertamina sebesar 6%.

“Balikpapan sudah konstruksi dan sampai dengan hari ini atau akhir bulan kemarin progres 9% vs 6% plan artinya lebih cepat dari rencana,” kata Ignatius dalam acara Media Breafing Proyek Kilang Stretegis di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, proyek ini bakal rampung pertengahan tahun 2023 mendatang. Lanjutnya, untuk memitigasi risiko, pihaknya akan menggandeng partner yang mana akan diumumkan pada 10 Desember 2019 mendatang bertepatan ulang tahun Pertamina.

“Saya belum omongkan di sini siapa. Salah satu kado Pertamina 10 Desember terpilihnya partner untuk Balikpapan,” ujarnya.

Kedua, untuk…



Selengkapnya: https://finance.detik.com/energi/d-4774782/kabar-terkini-6-kilang-yang-dibangun-pertamina

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina – detikFinance”

Sumber: https://finance.detik.com/energi/d-4774782/kabar-terkini-6-kilang-yang-dibangun-pertamina