Home Bisnis Toyota Produksi Mobil Listrik: Jika Tak Ikut, Tak Bisa Ekspor – Tempo.co

Toyota Produksi Mobil Listrik: Jika Tak Ikut, Tak Bisa Ekspor – Tempo.co

8
0
SHARE


TEMPO.CO, Odaiba – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi mobil listrik (Battery Eectric Vehicle) di pabrik Karawang, Jawa Barat, meskipun belum bisa memastikan jenis mobil listrik yang akan diproduksi.

“Itu (mobil listrik) tren dunia. Kalau tidak ikut, kita tidak bisa ekspor,” kata Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono di sela-sela Tokyo Motor Show yang berlangsung pada 24 Oktober sampai 4 November 2019 di Odaiba, Jepang.

Lebih jauh, Warih menjelaskan, untuk memproduksi mobil listrik, perusahaan harus mengubah line produksi, mengingat banyak komponen, terutama powertrain yang berubah. “Kira 60 persen harus berubah, terutama karena ada baterainya, powertrain berubah,” katanya.

Terkait hal itu, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam menyebutkan pihaknya akan melatih para pekerja untuk memproduksi mobil listrik. “Jadi nanti ada keahlian khusus untuk produksi mobil listrik, karena beda dengan mobil ICE (internal combustion engine),” ucapnya.

TMMIN, kata Bob, juga akan ikut pada program pemerintah yang menargetkan pada 2025 sebanyak 20 persen mobil yang diproduksi di Indonesia adalah mobil listrik. “Kami akan ikut,”…



Selengkapnya: https://www.tempo.co/read/1265272/toyota-produksi-mobil-listrik-jika-tak-ikut-tak-bisa-ekspor

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Toyota Produksi Mobil Listrik: Jika Tak Ikut, Tak Bisa Ekspor – Tempo.co”

Sumber: https://www.tempo.co/read/1265272/toyota-produksi-mobil-listrik-jika-tak-ikut-tak-bisa-ekspor