Home Bisnis Kredit Macet Pinjaman Online 3,06 Persen, OJK: Belum Bahaya – Bisnis Tempo.co

Kredit Macet Pinjaman Online 3,06 Persen, OJK: Belum Bahaya – Bisnis Tempo.co

27
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan menyatakan rasio kredit macet pinjaman online 3,06 persen masih dalam batas wajar. Menurut Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hendrikus Passagi rasio tersebut tidak berbahaya.

“Tidak bahaya, ini sangat logis, karena jumlah peminjam dan nilai peminjaman terus meningkat, masa iya NPL malah menurun?” kata dia di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.

Menurutnya, salah satu penyebab dari naiknya angka kredit macet adalah meningkatnya jumlah peminjam baru yang naik setiap tahunnya. Sehingga jika OJK memberikan batas NPL, maka pelaku usaha akan memberikan uangnya secara selektif kepada peminjam. “Jika ingin berekspansi maka harus ambil risiko,” katanya.

Menurut catatan OJK, sampai Agustus 2019 sudah ada 12,8 juta entitas rekening peminjam atau naik 194 persen year to date. Adapun jumlah transaksi yang telah disalurkan pinjaman online adalah Rp 54,71 triliun bertumbuh 141,4 persen.

Hendrikus menjelaskan, bahwa daya ukur tersebut memang relevan bagi dunia perbankan, karena setiap uang yang hilang maka pihak bank harus menggantinya. “Sedangkan fintech lending dilarang memberi…



Selengkapnya: https://bisnis.tempo.co/read/1258182/kredit-macet-pinjaman-online-306-persen-ojk-belum-bahaya

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Kredit Macet Pinjaman Online 3,06 Persen, OJK: Belum Bahaya – Bisnis Tempo.co”

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1258182/kredit-macet-pinjaman-online-306-persen-ojk-belum-bahaya