Home Bisnis Rebut Susah Payah, Kenapa Saham Blok Migas Raksasa RI Dijual? – CNBC...

Rebut Susah Payah, Kenapa Saham Blok Migas Raksasa RI Dijual? – CNBC Indonesia

18
0
SHARE


Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) bersiap untuk melepas sebagian sahamnya di blok Rokan ke investor. Blok Rokan sendiri dikenal sebagai salah satu blok raksasa, yang baru saja direbut Pertamina dari tangan Chevron pada 2018 lalu.

Tepatnya Juli pada tahun lalu, setelah menunggu berbulan-bulan akhirnya pemerintah via Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menyerahkan blok paling produktif di RI saat itu ke Pertamina.

“Pemerintah lewat Menteri ESDM menetapkan pengelolaan blok Rokan mulai tahun 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan kepada Pertamina. Untuk ke depannya, 100% pengelolaan kepada Pertamina,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra dalam konferensi pers di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (31/7/2018) malam.

Pertimbangan pemerintah saat itu adalah, tawaran Pertamina lebih ‘seksi’ ketimbang Chevron. Diketahui, Chevron sebelumnya telah mengelola blok Rokan selama hampir satu abad. Tepatnya adalah 94 tahun.

“Penawaran Chevron jauh di bawah penawaran yang diajukan Pertamina,” jelas Arcandra.

Bagaimana tidak seksi, Pertamina merogoh kocek cukup dalam untuk merebut blok Rokan dengan…



Selengkapnya: https://www.cnbcindonesia.com/news/20190906131508-4-97612/rebut-susah-payah-kenapa-saham-blok-migas-raksasa-ri-dijual

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Rebut Susah Payah, Kenapa Saham Blok Migas Raksasa RI Dijual? – CNBC Indonesia”

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20190906131508-4-97612/rebut-susah-payah-kenapa-saham-blok-migas-raksasa-ri-dijual