Home Bisnis Mata Uang China Merosot, Apa Dampaknya Bagi Perdagangan Indonesia? – Detiknews

Mata Uang China Merosot, Apa Dampaknya Bagi Perdagangan Indonesia? – Detiknews

17
0
SHARE





Beijing

Mata uang China kini telah mencapai titik terendah selama lebih dari satu dekade sehingga Amerika Serikat (AS) memberikan predikat kepada pemerintah Cina sebagai manipulator mata uang.

Pemberian cap itu akan menambah ketegangan antara dua raksasa ekonomi dunia.

Amerika Serikat memberikan predikat kepada China pada Senin (05/08), setelah mata uang China turun di bawah angka tujuh untuk setiap dolar AS untuk pertama kalinya sejak 2008.

Beijing sebelumnya berusaha keras mencegah mata uangnya turun ke bawah tingkat simbolis.

Eskalasi perang dagang, yang dipicu oleh ancaman baru penerapan tarif oleh AS, dianggap menjadi pendorong perubahan kebijakan.

Pada Senin (05/08), Bank Rakyat China sebagai bank sentral mengatakan penurunan tajam yuan disebabkan oleh “tindakan sepihak dan proteksi perdagangan dan pemberlakuan kenaikan tarif terhadap China”.

Perkembangan ini terjadi setelah Presiden Donald Trump mengatakan ia akan memberlakukan tarif 10% bagi barang-barang China senilai US$300 miliar, yang sejatinya mengenakan pajak bagi semua barang dari China yang masuk ke AS.

Bagaimana China menurunkan mata uangnya?

Yuan bukanlah mata uang yang…



Selengkapnya: https://news.detik.com/bbc-world/d-4656901/mata-uang-china-merosot-apa-dampaknya-bagi-perdagangan-indonesia

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Mata Uang China Merosot, Apa Dampaknya Bagi Perdagangan Indonesia? – Detiknews”

Sumber: https://news.detik.com/bbc-world/d-4656901/mata-uang-china-merosot-apa-dampaknya-bagi-perdagangan-indonesia