Home Bisnis Ikea Tutup Satu-satunya Pabrik Mereka di AS – KOMPAS.com

Ikea Tutup Satu-satunya Pabrik Mereka di AS – KOMPAS.com

15
0
SHARE


LONDON, KOMPAS.com — Ikea menutup satu-satunya pabrik furnitur mereka di Amerika Serikat. Seperti dikutip dari CNN, perusahaan asal Swedia ini bakal menghentikan produksi di pabrik Danville, Virginia, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Ikea bakal memindahkan operasi pabrik ke Eropa. Sebab, menurut perusahaan, ongkos produksi di negara kawasan tersebut bakal lebih murah.

“Kami telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga agar pabrik ini bisa tetap kompetitif. Namun, ongkos produksi membuat produksi di Danville tidak bisa berlanjut,” ujar manajer pabrik Bert Eades dalam keterangan tertulisnya sebagaimana dikutip Rabu (17/7/2019).

Baca: Morgan Stanley: Perang Dagang Masih Beratkan Ekonomi Global

Pabrik di Daville yang dibuka pada 2008 mempekerjakan setidaknya 300 orang. Produk dari kayu seperti rak dan tempat penyimpanan diproduksi di pabrik tersebut.

Ikea menyebut, harga bahan mentah mereka jauh lebih mahal di Amerika Serikat jika dibandingkan dengan Eropa. Adapun pabrik Ikea yang beroperasi saat ini terdapat di beberapa negara, seperti Polandia, Rusia, dan Swedia.

Anggota parlemen asal Virginia dari Partai Demokrat Senator Tim Kaine pada 2018 sempat…



Selengkapnya: https://ekonomi.kompas.com/read/2019/07/17/073900226/ikea-tutup-satu-satunya-pabrik-mereka-di-as

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Ikea Tutup Satu-satunya Pabrik Mereka di AS – KOMPAS.com”

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2019/07/17/073900226/ikea-tutup-satu-satunya-pabrik-mereka-di-as