Home Bisnis Satu-satunya Jurus Tangkal Pelemahan Harga CPO Global – Bisnis.com

Satu-satunya Jurus Tangkal Pelemahan Harga CPO Global – Bisnis.com

52
0
SHARE


 Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum  Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Master P. Tumanggor berpendapat, upaya paling realistis yang dapat dilakukan oleh Indonesia dalam menghadpi anjoknya harga minyak sawit mentah (crude palm  oil/CPO) global dan hambatan dagang negara mitra adalah peningkatan konsumsi dalam negeri.

“Tidak ada cara lain yang lebih efektif, selain peningkatan konsumsi dalam negeri melalui percepatan pelaksanaan program B30. Kita selain dihadapkan pada hambatan dagang, juga harus mengantisipasi kelebihan stok CPO di Malaysia dan Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (15/7/2019).

Dia mengatakan, apabila program uji coba B30  selesai dilakukan pada Oktober 2019, dan PT PLN (Persero) segera merealiasikan penggunaan minyak sawit untuk pembangkit listrik, maka kelebihan stok di dalam negeri akan berkurang. Hal itu akan membuat harga CPO di pasar global akan terkerek. 

Dia mengestimasikan serapan CPO dari program B30 akan mencapai 9 juta ton dan pengunaan minyak sawit untuk campura bahan bakar pembangkit listri PLN mencapai 3 juta ton per tahun. Volume itu akan  meningkatkan serapan pasar domestik dan mengurangi dampak tingginya stok dalam…



Selengkapnya: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190716/12/1124646/satu-satunya-jurus-tangkal-pelemahan-harga-cpo-global

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Satu-satunya Jurus Tangkal Pelemahan Harga CPO Global – Bisnis.com”

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190716/12/1124646/satu-satunya-jurus-tangkal-pelemahan-harga-cpo-global