Home Bisnis Masih Ada Rupiah di Balik TV dan Radio Jadul – detikFinance

Masih Ada Rupiah di Balik TV dan Radio Jadul – detikFinance

88
0
SHARE


Jakarta – Dalam satu bukunya berjudul Bumi Manusia, Pramoedya Ananta Toer menuliskan agar berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri, dan maju karena pengalamannya sendiri. Mungkin, itulah cerminan hidup yang dijalani oleh Nano Sukarno, si tukang reparasi televisi (tv) lawas alias jadul.

Reparasi tv jadul bukan lagi jasa yang gampang ditemui sekarang ini, apalagi di Jakarta. Mungkin hanya ada beberapa yang masih bertahan untuk menggantungkan hidup sebagai tukang memperbaiki tv jadul tersebut, salah satunya Nano Sukarno.

Pria yang akrab disapa Nano itu ditemui detikFinance di kawasan Jalan Masjid Al-Huda 12, Kebayoran Lama, Jakarta, pada Jumat lalu. Tempat usahanya itu tak jauh dari Stasiun KRL Kebayoran, tepatnya di kawasan jual-beli barang bekas dekat trotoar jalan.


Kawasan tersebut sedang ramai dipenuhi orang-orang yang baru selesai ibadah Salat Jumat. Nano sedang sibuk berada di dalam kiosnya. Ia sedang mengutak-atik perkakasnya untuk memperbaiki mesin tv tabung yang sudah dibongkar.

Di tempat yang berukuran 3×6 meter itu, kios Nano dipenuhi berbagai macam tv tabung yang terbilang jadul. Tv-tv yang sudah tak…



Selengkapnya: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4623309/masih-ada-rupiah-di-balik-tv-dan-radio-jadul

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Masih Ada Rupiah di Balik TV dan Radio Jadul – detikFinance”

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4623309/masih-ada-rupiah-di-balik-tv-dan-radio-jadul