Home Bisnis Pertamina Tak Serap LNG Bontang, Lifting Gas Hanya 86% dari Target –...

Pertamina Tak Serap LNG Bontang, Lifting Gas Hanya 86% dari Target – Katadata News

18
0
SHARE


Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, lifting minyak dan gas bumi (migas) sepanjang semester pertama 2019 belum memuaskan. Di periode itu, kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi (SKK Migas) Wisnu Prabawa Taher, lifting gas hanya sekitar 86% dari target APBN 2019 sebesar 7 ribu juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

Rendahnya lifting gas ini karena tidak maksimalnya penyerapan gas oleh pembeli. Salah satunya kargo LNG Bontang  yang belum diserap maksimal oleh Pertamina. Akibatnya, terjadi penurunan penyerapan gas yang diolah menjadi LNG di kilang Bontang. “Rata-rata sekitar 200 MMscfd dari semua produsen gas di Kalimantan Timur sejak awal bulan Juni 2019 hingga saat ini,” kata Wisnu kepada Katadata.co.id, Senin (8/7).

Selain itu, lifting  gas yang cukup rendah juga disebabkan tidak maksimalnya hasil pengembangan sumur baru, antara lain di Mahakam dan Pangkah. “Diharapkan pengeboran sumur baru di Semester II-2019 dapat lebih baik hasilnya,”katanya. 

Sedangkan untuk lifting minyak sepanjang semester I kemarin mencapai 97% dari target APBN 2019 sebesar 775 ribu barel per hari (bopd). “Memang belum mencapai…



Selengkapnya: https://katadata.co.id/berita/2019/07/09/pertamina-tak-serap-lng-bontang-lifting-gas-hanya-86-dari-target

Artikel ini dari feed news.google dengan judul “Pertamina Tak Serap LNG Bontang, Lifting Gas Hanya 86% dari Target – Katadata News”

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2019/07/09/pertamina-tak-serap-lng-bontang-lifting-gas-hanya-86-dari-target